PANGESTU, GEO CHANDRA and SANTOSO, SAMUEL YONATAN and VALLERIE, VARREL (2022) PERANCANGAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) PADA DIVISI HUMAN RESOURCE DEVELOPMENT (HRD) DI PT CITIPLAN INDONESIA. Masters thesis, UNIVERSITAS MA CHUNG.
|
Text
05 111810062_Abstrak.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
10 111810062_Bab 1.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
11 111810062_Bab 2 .pdf Download (87kB) | Preview |
|
Text
12 111810062_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
||
Text
13 111810062_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
||
|
Text
14 111810062_Bab 5 .pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
15 111810062_Daftar Pustaka.pdf Download (109kB) | Preview |
Abstract
PT Citiplan Indonesia bergerak di bidang konsultasi manajemen, konsultasi perencanaan, research, survei, dan pembangunan SDM yang berada di Kota Malang, Jawa Timur. Perusahaan menunjukkan pengembangan usaha cukup baik. Namun belum diimbangi penerapan Standard Operating Procedure (SOP) sesuai dengan aturan yang telah dibuat. Penyusunan SOP mengacu kepada Human Resources Development (HRD) di bagian Rekrutmen, Seleksi, dan Penempatan tenaga kerja, dimana dalam pelakasanaanya akan terus disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat komplesitas usaha. Sehingga dalam implementasinya akan terus ditingkatkan, berikut
sistem kendali manajemen. Jika hal ini dibiarkan dan kinerja semakin menurun akan menyebabkan organisasi atau organisasi mengalami krisis yang lebih serius. Kinerja secara
sederhana dapat didefinisikan sebagai tingkat pencapaian suatu organisasi. Definisi lainnya menyebutkan bahwa kinerja merupakan hasil kerja yang telah dicapai oleh seorang karyawan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kinerja karyawan yaitu dipengaruhi pengalaman kerja, motivasi, kepuasan, tingkat pendidikan serta andanya inisiatif. Kinerja yang baik akan dapat menghasilkan kualitas pekerjaan yang baik
sesuai dengan jumlah dan standar yang sudah ditentukan. Kinerja yang diharapkan oleh organisasi ini bergantung pada kemampuan motivasi dan kepuasan yang diterima oleh individu
atau karyawan untuk mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itu, diperlukannya sebuah sistem penilaian agar organisasi dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh
karyawan. Pada proyek kali ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kinerja dengan kepuasan pelayanan. Kepuasan pelayanan yang tinggi mengarah pada kinerja yang
tinggi. Sebagai upaya untuk mewujudkan nya maka diperlukan adanya SOP. SOP adalah kumpulan dokumen dari instruksi yang dibuat oleh perusahaan untuk membantu pekerja
mencapai kualitas yang lebih baik, produksi yang efektif dan keseragaman kinerja. Ini memiliki banyak nama di negara atau perusahaan yang jauh berbeda tetapi nama yang paling umum
adalah SOP. SOP digunakan di banyak sektor seperti penelitian klinis, keselamatan kesehatan, dan produksi. Dalam produksi, ini membantu dalam kualitas, kuantitas, dan keamanan. Serangkaian prosedur memberikan semua jenis informasi kepada pekerja. SOP merupakan pedoman kerja yang memastikan kegiatan bisnis organisasi diatur secara metodis. Semakin tinggi standar kualitas, semakin rumit proses operasional, dan semakin ketat persaingan bisnis,
semakin setiap perusahaan perlu menghukum personelnya agar mereka berperilaku sesuai dengan standar organisasi. SOP mampu membantu perusahaan dalam menyampaikan sinyal
sinyal terkait kinerja karyawan yang diharapkan manajemen. Sayangnya, Indonesia baru-baru ini memiliki tiga masalah ketenagakerjaan, seperti rendahnya pemahaman tentang peraturan kerja. Keadaan ini diakui dengan banyaknya pegawai yang terus melanggar peraturan kerja organisasi, dan mereka terbiasa bekerja lebih sesuai dengan kebiasaan sebelumnya selama bertahun-tahun hingga kebiasaan ini menjadi budaya organisasi. SOP merupakan pedoman yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional suatu organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar. Proyek ini bertujuan untuk untuk memudahkan pelaksanaan kerja serta juga dapat
mengevaluasi kinerja karyawan untuk mencapainya target yang diberikan oleh PT Citiplan Indonesia. Hasil dari proyek yang kami rancang berupa prosedur dan tahapan pelaksanaan SOP
Rekrutmen, SOP Seleksi, dan SOP Penempatan Tenaga Kerja. Kata Kunci: Standard Operating Procedure (SOP) , HRD, Rekrutmen, Seleksi,
Penempatan tenaga kerja, dan Manajemen
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | TUGAS AKHIR |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Surya |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 01:57 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 01:57 |
URI: | http://repository.machung.ac.id/id/eprint/186 |
Actions (login required)
View Item |