REVITALISASI AREA LOWER GROUND DAN PROMOSI MELALUI INSTAGRAM MARKETING SERTA EVENT MARKETING DI LIPPO PLAZA BATU

SENTOSA, REINALDO GERALD and PUTRA, THEOFILUS WELYNA and SAPUTRI, THERESIA DINDA (2022) REVITALISASI AREA LOWER GROUND DAN PROMOSI MELALUI INSTAGRAM MARKETING SERTA EVENT MARKETING DI LIPPO PLAZA BATU. Masters thesis, UNIVERSITAS MA CHUNG.

[img]
Preview
Text
05 111810058, 111810068, 111810069_ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 111810058, 111810068, 111810069_BAB 1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 111810058, 111810068, 111810069_BAB 2.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
12 111810058, 111810068, 111810069_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
13 111810058, 111810068, 111810069_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img]
Preview
Text
14 111810058, 111810068, 111810069_BAB 5.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 111810058, 111810068, 111810069_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Lippo Plaza Batu merupakan satu-satunya mal yang ada di Kota Batu yang berdiri sejak tahun 2011 hingga tahun 2013 bernama Batu Town Square yang mengalami perkembangan hingga tahun
2016 berganti nama menjadi Lippo Plaza Batu. Proyek dilaksanakan selama enam (6) bulan terhitung mulai tanggal 20 Juli 2021 hingga 20 Desember 2021. Lippo Plaza Batu memiliki area mati yang sebelumnya menjadi proyek pembangunan rumah sakit tetapi mengalami kendala,
sehingga area tersebut tidak digunakan dengan biaya operasional area yang masih tetap berjalan. Adapun tujuan dari pelaksanaan proyek adalah menghidupkan kembali area mati yang selama ini tidak dimanfaatkan yaitu lantai Lower Ground. Strategi yang dilakukan adalah melakukan
revitalisasi area mati tersebut dengan menerapkan store design. Melalui store design dengan mengubah area mati tersebut menjadi area yang menarik mulai dari fisik bangunan luar maupun dalam, tata letak, serta penempatan display yang menarik. Hal tersebut bertujuan agar konsumen merasa nyaman untuk beraktivitas dan menghabiskan waktu di area tersebut serta memicu untuk melakukan pembelian secara mendadak. Manfaat yang diterima oleh Lippo Plaza Batu adalah
peningkatan pada citra mal yang memiliki citra positif bagi konsumen yang datang serta bagi para calon tenant yang ingin menyewa karena antusias konsumen terhadap wajah baru area tersebut yang diwujudkan melalui peningkatan kunjungan. Untuk mendukung minat pengunjung ke area baru Lower Ground Lippo Plaza Batu, maka dilakukanlah publikasi dan aktivitas pemasaran melalui salah satu media sosial yaitu Instagram marketing dan aktivitas pemasaran lainnya dengan event
marketing. Pada Instagram marketing kegiatan ini dilakukan pada akun resmi Lippo Plaza Batu dengan membuat dan mengunggah konten-konten yang mendukung untuk menginformasikan kepada pengikut akun Lippo Plaza Batu untuk datang, karena dengan konten yang diunggah dapat
memicu pengunjung untuk datang. Dalam penerapan Instagram marketing hal yang sangat diperlukan adalah memahami setiap fitur yang dimiliki untuk mempermudah aktivitas publikasi
yang dilakukan. Hasil yang diperoleh dari penerapan Instagram marketing adalah beberapa unggahan konten mengenai ajakan untuk datang ke Lippo Plaza Batu, menginformasikan tenant serta kegiatan promosi dari setiap tenant tersebut, dan mempublikasikan event yang ada pada area
tersebut sehingga konsumen merasa tertarik dan penasaran dengan area baru. Penerapan aktivitas pemasaran lainnya dengan event marketing berupa event bazaar dan event live music. Dengan adanya event marketing dapat menambah minat pengunjung untuk datang ke lantai baru di Lippo
Plaza Batu. Pada penerapan event marketing melalui proses mennetukkan kegiatan yang memiliki dampak positif bagi pengunjung dan tenant, perencanaan, penentuan vendor, hingga pelaksanaan event. Hasil yang diperoleh adalah peningkatan antusias pengisi kegiatan yaitu tenant bazaar yang
menyambut dengan positif dengan adanya area baru dan peningkatan kedatangan pengunjung. Kata kunci: Mall, Tenant Mix, Store Design, Sosial Media Marketing, Instagram Marketing, Event Marketing

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: TUGAS AKHIR
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Surya
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:58
Last Modified: 25 Oct 2024 01:58
URI: http://repository.machung.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item