STRATEGI PENERAPAN MARKETING MIX DALAM ASPEK PEOPLE, PROCESS DAN PROMOTION UNTUK MEMBANGUN RESILIENCE PADA PT PWK KONSULTAN

HARIONO, EVAN ADINAGATA and MULYA, VICTOR TEJA and PUSPITASARI, YASMIN (2022) STRATEGI PENERAPAN MARKETING MIX DALAM ASPEK PEOPLE, PROCESS DAN PROMOTION UNTUK MEMBANGUN RESILIENCE PADA PT PWK KONSULTAN. Masters thesis, UNIVERSITAS MA CHUNG.

[img]
Preview
Text
05 111810075_Abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 111810075_Bab 1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 111810075_Bab 2.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
13 111810075_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
14 111810075_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
15 111810075_Bab 5.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 111810075_Daftar Pustaka.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

PT PWK Konsultan adalah salah satu perusahaan yang menyediakan produk jasa berupa layanan konsultasi bisnis. Sebagai perusahaan konsultan yang memberikan layanan jasa, penting bagi PT PWK Konsultan untuk memiliki strategi
yang tepat guna terus berkembang dan bertahan seiring berjalannya waktu. Proses perencanaan dan penentuan strategi yang tepat dapat dilakukan melalui analisis marketing mix atau yang lebih dikenal dengan 7P. Melalui analisis strategi
marketing mix perusahaan dapat menggali kebutuhan yang dimiliki serta perbaikan yang harus dilakukan.
Dalam tujuh aspek marketing mix terdapat tiga aspek yang menjadi fokus utama sesuai dengan kendala perusahaan. Tiga aspek utama yang menjadi kendala PT PWK Konsultan adalah promotion, people dan process. Aspek yang menjadi
kendala PT PWK Konsultan seluruhnya berkaitan dengan aktivitas promosi, komunikasi internal dalam kaitannya dengan teamwork, team ownership dan proses seperti alur kerja serta pemberian layanan pada klien. Faktor promotion terkendala akibat kurangnya inovasi dalam melakukan proses
promosi dan menyebabkan penurunan jumlah klien karena pemasaran yang kurang berjalan maksimal. Kendala yang ada di sisi promotion yaitu kurangnya maksimalisasi digital marketing seperti pemanfaatan media sosial dan tidak adanya
katalog digital perusahaan. Kendala promotion bersumber pada aspek people, perusahaan memiliki permasalahan dalam komunikasi internal, teamwork dan team ownership yang kurang baik sehingga berdampak pada aspek process khususnya
promotion dan alur kerja. Berdasarkan kondisi yang dilami oleh PT PWK Konsultan maka dilakukan proyek dalam bentuk penataan kembali internal perusahaan yang dimulai dari
proses sharing dan outing. Proses sharing dan outing merupakan satu rangkaian proyek yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas komunikasi antarpersonal
dalam tim kerja sehingga turut meningkatkan teamwork dan team ownership. Peningkatan kualitas komunikasi, teamwork serta team ownership juga diimbangi dengan pembuatan agenda kegiatan bulanan sebagai tools bagi karyawan untuk
membuat catatan yang baik untuk setiap tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan. Peningkatan dari segi people diharapkan dapat menjadi input yang baik untuk melaksanakan promotion dan process. Proyek dilaksanakan selama lima (5) bulan terhitung mulai September 2021 hingga Januari 2022. Tujuan dari pelaksanaan proyek adalah terciptanya inovasi
pada aspek promotion serta pengembangan dalam aspek people dan process sehingga dapat menjadi satu rangkaian strategi bagi perusahaan. Strategi inovasi yang dihasilkan dalam aspek promotion dilakukan dalam pemanfaatan digital
marketing melalui media sosial Instagram dan Facebook, pelaksanaan webinar serta pembuatan katalog digital. Pengembangan dalam aspek people bertujuan untuk meningkatkan kualitas komunikasi, teamwork serta team ownership yang
dilakukan melalui kegiatan sharing dan outing bersama dengan seluruh karyawan dan pihak manajemen. Aspek proses yang dikembangkan adalah pembuatan agenda kerja bulanan guna memastikan setiap tugas dan tanggung jawab tercatat dengan
baik dengan parameter waktu, deskripsi kegiatan, target serta tindak lanjut dari target yang ditetapkan sesuai jangka waktu yang ditentukan. Dalam keseluruhan
rencana proyek people, process dan promotion diperoleh realisasi proyek yang dilakukan berdasarkan penilaian KPI dengan persentase mencapai 100%. Kata kunci: Perusahaan Konsultan, Marketing mix, People, Promotion, Process,
Resilience

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: TUGAS AKHIR
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Surya
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:55
Last Modified: 25 Oct 2024 01:55
URI: http://repository.machung.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item View Item