RANCANG BANGUN CHATBOT INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MA CHUNG MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING

JANNAH, MIFTAKHUL (2023) RANCANG BANGUN CHATBOT INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MA CHUNG MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING. Masters thesis, Universitas Ma Chung.

[img] Text
10 311710014_Bab 1.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
11 311710014 Bab 2.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img]
Preview
Text
15 311710014_Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (103kB) | Preview

Abstract

Saat ini teknologi informasi merupakan suatu hal yang sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi informasi yang terjadi secara terus menerus memberikan banyak keuntungan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam dunia pendidikan. Teknologi dalam bidang informasi pendidikan sangat membantu sebuah perguruan tinggi dalam memberikan informasi penting dengan cepat, efektif dan efisien. Calon mahasiswa baru sebelum memutuskan menuntut ilmu di Universitas Ma Chung sangatlah butuh mengenai informasi Universitas Ma Chung. Calon mahasiswa baru lebih menyukai mencari informasi dengan cepat atau yang memungkinkan terjadinya sebuah interaksi tanya jawab secara langsung layaknya percakapan antara manusia dan manusia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat sebuah layanan informasi berupa aplikasi chatbot yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan umum seputar informasi Penerimaan Mahasiswa Baru pada Universitas Ma Chung.

Aplikasi chatbot ini dibangun dengan pendekatan NLP (Natural Language Processing). Chatbot akan diimplementasikan dalam platform LINE dengan menggunakan LINE Messaging API untuk membangun aplikasi bot pada platform LINE, sehingga diharapkan dengan penelitian ini dapat memudahkan calon mahasiswa untuk mendapatkan informasi umum mengenai persiapan untuk masuk
ke Universitas Ma Chung layaknya sedang berkomunikasi di layanan pesan instan dengan manusia.

Hasil yang dicapai yaitu penerapan chatbot informasi mahasiswa baru Universitas Ma Chung menggunakan Natural Language Processing berhasil diterapkan dengan baik dengan jawaban sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh user. Pada pengujian User Acceptance Test pertanyaan terdapat nilai 37.5% user sangat setuju, 50% Setuju, 6.3% Cukup setuju bahwasanya chatbot dapat membantu memberikan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru yang ada
di Universitas Ma Chung.

Kata kunci: Chatbot, LINE, Natural Language Processing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Unnamed user with email repository@machung.ac.id
Date Deposited: 30 May 2024 08:50
Last Modified: 31 May 2024 01:57
URI: http://repository.machung.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item View Item