FAKTOR PENENTU PURCHASE INTENTION PADA PRODUK INOVASI SKINCARE DI TIKTOK SHOP: PERAN VIRAL MARKETING, PRODUCT INNOVATION, CONSUMER INNOVATIVENESS, DAN ATTITUDE TOWARD BEHAVIOR

ALDELYA NANDA, SABRINA (2025) FAKTOR PENENTU PURCHASE INTENTION PADA PRODUK INOVASI SKINCARE DI TIKTOK SHOP: PERAN VIRAL MARKETING, PRODUCT INNOVATION, CONSUMER INNOVATIVENESS, DAN ATTITUDE TOWARD BEHAVIOR. Masters thesis, Universitas Ma Chung.

[img]
Preview
Text
132320001 Aldelya Nanda Sabrina - Tesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Evolusi teknologi dan informasi membuat seluruh informasi yang dibutuhkan oleh tiap manusia semakin mudah untuk diperoleh, sehingga menciptakan fenomena baru dan mendorong terjadinya inovasi. TikTok Shop merupakan hasil pengembangan dan inovasi dari TikTok yang digunakan para pebisnis untuk melakukan transaksi jual beli dan memudahkan konsumen dalam berbelanja sekaligus melihat konten dan review dari suatu produk. Saat ini, konten video dalam TikTok Shop sedang dipenuhi oleh banyaknya produk-produk perawatan wajah. Adanya keunikan produk inovatif dan kemampuan perusahaan dalam membuat konten berupa video dan gambar yang menarik juga sangat berperan dalam keberhasilan viral marketing. Maraknya konten viral skincare di TikTok Shop menciptakan peluang sekaligus tantangan bagi perusahaan, di mana strategi viral saja tidak cukup digunakan untuk mempertahankan kompetisi pasar. Salah satu faktor kesuksesan perusahaan untuk survive dalam pasar global yang dinamis adalah inovasi. Viral marketing, product innovation, dan consumer innovativeness dapat mempengaruhi attitude toward behavior konsumen. Attitude toward behavior dapat mempengaruhi purchase intention. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Populasi yang dipilih yaitu pengguna TikTok Shop. Sampel yang digunakan sebanyak 385 responden. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling. Jenis teknik non-probability sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode structural equation modelling (SEM). Viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Product innovation berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Consumer innovativeness berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Attitude toward behavior berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention sebagai variabel intervening. Viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward behavior. Product innovation berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward behavior. Consumer innovativeness berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward behavior.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: viral marketing, product innovation, consumer innovativeness, attitude toward behavior, purchase intention
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S2 Manajemen Inovasi
Depositing User: umclibs1
Date Deposited: 30 Oct 2025 06:36
Last Modified: 30 Oct 2025 06:36
URI: http://repository.machung.ac.id/id/eprint/985

Actions (login required)

View Item View Item