PENGARUH MOTIVASI DAN STRATEGI BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS MA CHUNG

EUCHARISTIA ANAYVELIM, SILOLA PENGARUH MOTIVASI DAN STRATEGI BELAJAR TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS MA CHUNG. [TA] (Submitted)

[img]
Preview
Text
222110003_Eucharistia Anayvelim Silola_LapTA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi, peran Tiongkok di berbagai bidang yang semakin besar menyebabkan bahasa Mandarin penting untuk dikuasai. Namun, banyak pelajar yang merasa kesulitan dan menghadapi berbagai tantangan dalam proses belajarnya, sehingga diperlukan motivasi yang tinggi dan strategi belajar yang tepat untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Melihat masalah yang terjadi saat ini, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi dan strategi belajar terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin di Universitas Ma Chung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan melibatkan seluruh mahasiswa aktif dari angkatan 2022, 2023, dan 2024 sebagai responden melalui kuesioner yang mengukur motivasi dan strategi belajar menggunakan skala Likert, serta nilai IPK yang diperoleh langsung dari mahasiswa.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi dan strategi belajar, baik secara parsial maupun simultan, berpengaruh positif terhadap IPK, tetapi pengaruh tersebut tidak signifikan. Selain itu, interaksi antara motivasi dan strategi belajar terhadap IPK masih tergolong lemah. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa tidak hanya motivasi dan strategi belajar yang dapat mempengaruhi IPK, tetapi banyak juga faktor lain yang mempengaruhi IPK. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan dorongan bagi mahasiswa untuk meningkatkan motivasi dan menerapkan strategi belajar yang tepat untuk meningkatkan nilai IPK.

Item Type: TA
Uncontrolled Keywords: motivasi, strategi belajar, Indeks Prestasi Kumulatif
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: umclibs1
Date Deposited: 30 Oct 2025 06:35
Last Modified: 30 Oct 2025 06:35
URI: http://repository.machung.ac.id/id/eprint/976

Actions (login required)

View Item View Item