PERBANDINGAN KEMAMPUAN BAHASA MANDARIN ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI LES DAN YANG TIDAK MENGIKUTI LES : STUDI EX POST FACTO

Susetya, Fransiska Angelina Noviani PERBANDINGAN KEMAMPUAN BAHASA MANDARIN ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI LES DAN YANG TIDAK MENGIKUTI LES : STUDI EX POST FACTO. [TA] (Unpublished)

[img]
Preview
Text
222110005_Fransiska Angelina Noviani Susetya_LapTA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan bahasa Mandarin antara siswa yang mengikuti les dan tidak mengikuti les di SD Mitra Harapan
Madiun. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain studi ex post facto. Sampel terdiri dari 24 siswa kelas IV yang dibagi menjadi dua kelompok: 12 siswa
mengikuti les dan 12 siswa tidak mengikuti les. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda dan esai yang mengukur kemampuan bahasa Mandarin. Hasil uji normalitas
menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal, sehingga analisis data dilakukan menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat
perbedaan yang signifikan antara kemampuan bahasa Mandarin siswa yang mengikuti les dan yang tidak mengikuti les (U hitung = 66 > U tabel = 37). Temuan ini menunjukkan bahwa keikutsertaan dalam les tidak menjadi faktor utama dalam meningkatkan kemampuan bahasa Mandarin. Faktor lain seperti motivasi belajar, dukungan orang tua, metode belajar, dan lingkungan sosial lebih berpengaruh dalam penguasaan bahasa Mandarin.

Kata kunci: Kemampuan bahasa Mandarin, les, siswa sekolah dasar, studi ex post facto,
Mann-Whitney U

Item Type: TA
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: adminperpus ma chung
Date Deposited: 30 Oct 2025 05:57
Last Modified: 30 Oct 2025 05:57
URI: http://repository.machung.ac.id/id/eprint/950

Actions (login required)

View Item View Item