PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP PEMAHAMAN KOSAKATA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI TKB TAMAN HARAPAN

Kencana, Fiona Karunia PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP PEMAHAMAN KOSAKATA PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI TKB TAMAN HARAPAN. [TA] (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Skripsi-Fionita.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penguasaan kosakata siswa kelas TKB di Taman Harapan mengalami peningkatan
setelah proses pembelajaran, baik pada kelompok yang memanfaatkan media
flashcard maupun pada kelompok yang tidak menggunakan flashcard secara
intensif, tidak ada peningkatan dan perbedaan yang signifikan. Akan tetapi,
peningkatan kemampuan memahami kosakata pada kelompok yang memanfaatkan
flashcard tidak menunjukkan perbedaan yang berarti secara statistik jika
dibandingkan dengan kelompok yang tidak menggunakan flashcard secara intensif.
Ini menunjukkan bahwa, dalam konteks penelitian ini, penerapan flashcard tidak
secara statistik menunjukkan keunggulan yang signifikan bila dibandingkan dengan metode pengajaran konvensional dalam meningkatkan pemahaman kosakata. Penelitian ini menunjukkan bahwa dampak yang signifikan dari sebuah media pembelajaran mungkin tidak selalu tampak dalam periode jangka yang pendek (3 sesi pengajaran) dan dengan jumlah subjek yang terbatas (30 anak).

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Flash Card, Kosa Kata Bahasa Mandarin

Item Type: TA
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: adminperpus ma chung
Date Deposited: 30 Oct 2025 05:56
Last Modified: 30 Oct 2025 05:56
URI: http://repository.machung.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item View Item