PENGARUH PEMBERIAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR BINA BUDI MULIA MALANG

Laurent, Caroline Artamevia PENGARUH PEMBERIAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR BINA BUDI MULIA MALANG. [TA] (Unpublished)

[img]
Preview
Text
222110002_Caroline Artamevia Laurent_Laporan Tugas Akhir.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PeneIitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian reward daIam
pembeIajaran bahasa Mandarin terhadap hasiI beIajar siswa di SD Bina Budi Mulia
Malang. Metode peneIitian yang digunakan adaIah desain one-group pretest
posttest dengan subjek sebanyak 12 siswa kelas IV. Perlakuan berupa reward non
materi, seperti bermain bebas selama 10–20 menit, diberikan setelah siswa
menyelesaikan tugas dengan baik. Instrumen pengumpuIan data berupa tes pre-test
dan post-test yang mencakup keterampilan membaca, menulis karakter,
pemahaman kosakata, dan menyusun kalimat. Rata-rata niIai pre-test siswa adaIah
66,9, sedangkan rata-rata post-test meningkat menjadi 84,8, dengan selisih rata-rata
17,9 poin. Uji normalitas menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normaI,
sehingga analisis dilanjutkan menggunakan uji Wilcoxon. HasiI uji WiIcoxon
menunjukkan bahwa seluruh nilai p berada di bawah 0,05 (p < 0,05), yang berarti
terdapat perbedaan signifikan antara hasiI beIajar sebeIum dan sesudah pemberian
reward. KesimpuIan dari peneIitian ini adalah bahwa metode pemberian reward
efektif dalam meningkatkan hasiI beIajar siswa. Namun, karena peneIitian ini tidak
menggunakan kelompok kontrol, maka dampak positif reward terhadap hasil
belajar perlu disikapi secara hati – hati. Oleh karena itu, disarankan agar penelitian
selanjutnya mengkaji topik serupa dengan menggunakan desain eksperimen yang
lebih kuat seperti melibatkan kelompok kontrol agar hasil penelitian yang diperoleh
lebih valid dan dapat digeneralisasi.
Kata kunci: reward, hasil belajar, bahasa Mandarin

Item Type: TA
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: adminperpus ma chung
Date Deposited: 30 Oct 2025 05:55
Last Modified: 30 Oct 2025 05:55
URI: http://repository.machung.ac.id/id/eprint/946

Actions (login required)

View Item View Item