PENGARUH HERD BEHAVIOR DAN HEURISTIC (REPRESENTATIVENESS, ANCHORING, OVERCONFIDENCE, DAN AVAILABILITY BIAS) TERHADAP INVESTMENT DECISION INVESTOR MAHASISWA DI KOTA MALANG

RAAFIFALAH, IMAN BRAMANTYA (2021) PENGARUH HERD BEHAVIOR DAN HEURISTIC (REPRESENTATIVENESS, ANCHORING, OVERCONFIDENCE, DAN AVAILABILITY BIAS) TERHADAP INVESTMENT DECISION INVESTOR MAHASISWA DI KOTA MALANG. Masters thesis, UNIVERSITAS MA CHUNG.

[img]
Preview
Text
111810036-abstract_id.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
111810036-chapter1.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
111810036-chapter2.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
111810036-chapter3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
111810036-chapter4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img]
Preview
Text
111810036-chapter5.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Pasar modal merupakan bagian penting bagi sebuah ekonomi dan dapat menjadi sarana masyarakat untuk memperoleh keuntungan dengan berinvestasi. Pasar modal Indonesia didominasi oleh investor individual dan pekerjaan kedua terbanyak adalah mahasiswa. Pengambilan keputusan oleh investor sangat rentan
terhadap kesalahan yang diakibatkan oleh faktor psikologis. Faktor tersebut dapat berupa bias yang mengubah cara investor menganalisis informasi. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor psikologis herd behavior dan heuristic (representativeness, anchoring, overconfidence, dan availability bias) terhadap investment decision investor mahasiswa di Kota Malang.
Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data primer dengan menggunakan survei terhadap 51 responden investor mahasiswa di Kota Malang. Kemudian, data akan dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, f-test, t-test, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini
menemukan bahwa herd behavior dan availability bias berpengaruh negatif terhadap investment decision. Penelitian ini juga menemukan bahwa representativeness, anchoring, dan overconfidence berpengaruh positif terhadap
investment decision. Kata-kata kunci: Herd behavior, heuristic, representativeness, anchoring,
overconfidence, availability bias, investment decision

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: TUGAS AKHIR
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Surya
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:58
Last Modified: 25 Oct 2024 01:58
URI: http://repository.machung.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item