PENGARUH SHOCKVERTISING TERHADAP WORD OF MOUTH PADA IKLAN VIDEO KONTROVERSIAL RABBANI

COKRODEWO, ARDION (2023) PENGARUH SHOCKVERTISING TERHADAP WORD OF MOUTH PADA IKLAN VIDEO KONTROVERSIAL RABBANI. Masters thesis, UNIVERSITAS MA CHUNG.

[img]
Preview
Text
05 111610010_ABSTRAK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 111610010_ABSTRAK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 111610010_BAB 1.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 111610010_BAB 2.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
13 111610010_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text
14 111610010_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[img]
Preview
Text
15 111610010_BAB 5.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 111610010_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Pada masa kini di Indonesia semakin banyak bermunculan brand produk baru baik yang sejenis maupun yang tidak, dengan kondisi seperti itu para pelaku usaha juga harus semakin kreatif dalam memasarkan produknya, salah satu caranya
menggunakan metode pemasaran shockvertising. Metode tersebut menciptakan perdebatan di masyarakat karena menyinggung hal yang dapat mempengaruhi emosi seperti (kata-kata kotor, hal yang tidak pantas, serangan moral, keagamaan). Brand Rabbani merupakan perusahaan pakaian muslim yang sudah berkali-kali
menggunakan metode shockvertising sehingga menciptakan perdebatan di masyarakat yang pada akhirnya bulan Januari 2023 mendapatkan peringatan atas iklannya, banyak perkataan negatif dari masyarakat pada media sosial atas iklan
tersebut. Metode pemasaran ini mempunyai potensi baik untuk menyebarkansebuah brand dengan memicu emosi mereka maka tercipta perdebatan dalam masyarakat, yang dapat dikaitkan dengan reaksi muncul atau menghilangnya keinginan untuk membela dan mempromosikan produk Rabbani dengan kata lain
word of mouth, yang di mana pendapat orang terdekat juga penting dalam mengetahui kenyamanan dan keunggulan dari sebuah produk. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif regresi linier sederhana, dengan shockvertising (X) menjadi variabel independent dan word of mouth (Y) menjadi variabel dependent. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner sebagai alat pengukuran dan disebarkan kepada 100 responden beragama islam di Jawa Timur,
kemudian data yang didapat diproses dengan SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat adanya pengaruh yang signifikan negatif antara shockvertising terhadap
word of mouth dengan kemampuan menjelaskan hubungan sebesar 5,6%, berdasarkan hasil tersebut setiap menggunakan shockvertising sebagai metode iklan maka akan mempengaruhi secara negatif terhadap word of mouth, dengan kata lain
word of mouth yang tercipta akan semakin sedikit.
Kata-kata kunci: Pemasaran, Shockvertising, Word of Mouth, Kontroversial

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: TUGAS AKHIR
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Surya
Date Deposited: 25 Oct 2024 01:26
Last Modified: 25 Oct 2024 01:26
URI: http://repository.machung.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item