IDENTIFIKASI STATUS KESEHATAN MENTAL BERDASARKAN FUNGSI FISIOLOGIS, DEPRESI, DAN ENERGI PADA MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MACHINE LEARNING

ABBY GUNDA, MAHESI IDENTIFIKASI STATUS KESEHATAN MENTAL BERDASARKAN FUNGSI FISIOLOGIS, DEPRESI, DAN ENERGI PADA MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MACHINE LEARNING. [TA] (Unpublished)

[img]
Preview
Text
naskha TA lemgkap ABBY_watermark.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data World Health Organization, lebih dari 264 juta orang di dunia mengalami permasalahan kesehatan mental terutama pada mahasiswa semakin meningkat seiring dengan tingginya tekanan akademik dan perubahan gaya hidup. Berbagai penelitian dikembangkan untuk mendeteksi status kesehatan mental dengan menggunakan aplikasi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi status kesehatan mental mahasiswa dengan menggunakan machine learning. Metode yang digunakan observasional prospektif secara cohort study dengan menggunakan 2 cara pengambilan data yaitu pengisian Smarteens dan google form. Data yang diperoleh adalah fungsi fisiologis, depresi, dan energi diolah menggunakan machine learning dan karakteristik user. Pada penelitian ini ditemukan model prediksi yang paling baik untuk mendeteksistatus kesehatan mental adalah algoritma naive bayes. Pada penelitian ini terdapat hubungan antara gangguan kesehatan mental dialami dengan kurangnya interaksi dukungan sosial dalam kelompok belajar (p value=0,01934). sedangkan dari faktor lainnya yaitu usia, IPK, angkatan kuliah, alasan masuk farmasi, dan tinggal tidak terdapat hubungan. Temuan ini menegaskan pentingnya deteksi dini dan pendampingan untuk mahasiswa terutama untuk memastikan mahasiswa memiliki kelompok mengajar.

Item Type: TA
Uncontrolled Keywords: Fisiologi, Gangguan psikologis, Kesehatan mental, Machine learning, Smarteens
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: umclibs1
Date Deposited: 02 Dec 2025 06:17
Last Modified: 02 Dec 2025 06:17
URI: http://repository.machung.ac.id/id/eprint/1069

Actions (login required)

View Item View Item