OLIVIA CRYSANTHY, WINATA and INGRID CHRISTIN A., PANJAITAN PENYUSUNAN ANALISIS JABATAN DAN STRUKTUR ORGANISASI BAGIAN PEMASARAN DAN PENJUALAN PADA PT CENTRAL MANDIRI PERKASA. [TA] (Unpublished)
|
Text
TA PROYEK OLIVIA INGRID.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Proyek pembuatan struktur organisasi serta analisis jabatan merupakan proyek tugas akhir yang direncakanan dalam menangani permasalahan terkait dengan pengelolaan SDM yang kurang tersedia. Pengelolaan SDM ini direncanakan dengan penyusunan sturuktur organisasi pada divisi pemasaran dan penjualan, serta analisis jabatan dari setiap jabatannya. Proyek bertujuan untuk membantu PT Central Mandiri Perkasa dalam memperbaiki sistem kerja divisi pemasaran dan penjualan, serta meningkatkan penjualan dan dikenalnya perusahaan di masyarakat dengan SDM yang berkualitas. PT Central Mandiri Perkasa merupakan perusahaan distribusi ban truk di Kalimantan Timur. Perusahaan besar dengan produk yang berkualitas di distribusikan ke setiap pembeli. Tidak adanya SDM yang sesuai, maka penjualan dan pemasaran perusahaan terganggu sehingga hasil penjualan menurun dan kurang dikenal. Kurang dikenal ini menjadikan akar masalah yang disebabkan oleh kurangnya SDM terutama pada divisi pemasaran dan penjualan, dan terjadinya double job masing-masing individu. Manajemen sumber daya manusia yang baik tentunya akan mempengaruhi hasil kinerja karyawan. Jika manejemen sumber daya manusia tidak sesuai pelaksanaanya, maka hasil kerja akan ikut menurun. Dalam hal ini, tentu setiap perusahaan berupaya untuk mendapatkan SDM yang berpotensi dan hasil yang berkualitas. Oleh karena itu, perusahaan harus memahami elemen-elemen apa saja yang diperlukan jika mereka ingin karyawannya memiliki kinerja yang memadai (Juliana & Komalasari, 2022). Perencanaan proyek ini dimulai dengan melakukan identifikasi permasalahan terlebih dahulu untuk menemukan akar permasalahan. Akar permasalahan ini kemudian di analisis langsung yang merupakan kurangnya sumber daya manusia yang cukup di setiap divisi, sehingga terjadinya tumpang tindih pekerjaan. Tumpang tindih pekerjaan ini menjadikan kurang efektif, dan efisien dalam pelaksanaan operasional di perusahaan. Permasalahan utama yang dihadapi perusahaan adalah pembagian tugas yang tidak jelas, tumpang tindih pekerjaan, dan koordinasi tim yang kurang optimal. Permasalahan ini masuk dalam tabel key performance indicator dengan parameter untuk hasil akhir proyek. Tabel yang disusun menjadi pedoman dalam pelaksanaan proyek, dan memenuhi persen target keberhasilan proyek sehingga realisasi proyek dapat terlihat. Melalui observasi, wawancara, dan analisis masalah, penulis berhasil menyusun struktur organisasi baru dan analisis jabatan yang rinci untuk setiap posisi pada divisi pemasaran dan penjualan. Proyek ini juga disosialisasikan kepada karyawan dan manajemen, serta mendapat persetujuan penuh dari Perusahaan dan hasil akhir menunjukkan bahwa semua target proyek tercapai 100%. Perusahaan harus menyusun analisis jabatan yang baik dan struktur organisasi yang jelas. Segala hal yang berada di dalam perusahaan dapat berjalan secara teratur, lebih efektif, efisien, fleksibel. Produktifitas operasional perusahaan, dan peningkatan penjualan menjadi lebih terkoordinir serta memiliki standarisasi yang jelas sehingga mampu menghasilkan performa kinerja yang baik.
| Item Type: | TA |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | analisis jabatan, struktur organisasi, manajemen SDM. |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HF Commerce |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | umclibs1 |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 06:15 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 06:15 |
| URI: | http://repository.machung.ac.id/id/eprint/1057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

