PERANCANGAN INTELLECTUAL PROPERTY KARAKTER ADAPTASI DEWI KILISUCI SEBAGAI MEDIA PENGENALAN MITOLOGI KEDIRI UNTUK REMAJA USIA 13 – 18 TAHUN

YONGIWAN, MATHIUS PERANCANGAN INTELLECTUAL PROPERTY KARAKTER ADAPTASI DEWI KILISUCI SEBAGAI MEDIA PENGENALAN MITOLOGI KEDIRI UNTUK REMAJA USIA 13 – 18 TAHUN. [TA] (Unpublished)

[img]
Preview
Text
(Tugas Akhir) 332110029_Yongiwan Mathius.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Dalam era ekonomi kreatif dan kemajuan teknologi digital, kekayaan intelektual (IP) berbasis budaya lokal menjadi aset strategis untuk memperkenalkan kembali nilai-nilai tradisional kepada generasi muda. Penelitian ini berfokus pada pengembangan karakter Intellectual Property yang terinspirasi dari sosok mitologis Dewi Kilisuci, figur spiritual dari Kerajaan Kediri. Dengan pendekatan kualitatif melalui studi pustaka, wawancara, dan observasi lapangan, karakter Dewi Kilisuci diinterpretasikan ulang menjadi tokoh kontemporer bernama Lumenwaves, yang dirancang secara visual dan naratif untuk remaja usia 13–18 tahun. Hasil akhir berupa artbook dan media pendukung lainnya bertujuan tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sarana edukatif yang menjembatani mitologi lokal dengan media visual modern. Desain ini menggunakan strategi siklikal dan pendekatan arketipe The Hero, untuk membangun karakter yang relevan secara emosional dan filosofis. Proyek ini menunjukkan bagaimana desain karakter dapat menjadi media efektif dalam pelestarian budaya dan pembentukan identitas nasional di tengah arus globalisasi.

Item Type: TA
Uncontrolled Keywords: Properti Intelektual, Permodelan 3D, Desain Karakter, Adaptasi Desain, Kediri, Media Remaja
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: umclibs1
Date Deposited: 02 Dec 2025 02:08
Last Modified: 02 Dec 2025 02:08
URI: http://repository.machung.ac.id/id/eprint/1046

Actions (login required)

View Item View Item