PERANCANGAN BUKU ANAK SEBAGAI MEDIA EDUKASI SEJARAH PERSANDIAN INDONESIA UNTUK ANAK-ANAK USIA 4-6 TAHUN DI MUSEUM SANDI YOGYAKARTA

VERONICHA KINANTIENGSIH, MANGARSO PERANCANGAN BUKU ANAK SEBAGAI MEDIA EDUKASI SEJARAH PERSANDIAN INDONESIA UNTUK ANAK-ANAK USIA 4-6 TAHUN DI MUSEUM SANDI YOGYAKARTA. [TA] (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Laporan Tugas Akhir_Veronicha Kinantiengsih Mangarso.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Museum Sandi Yogyakarta sebagai satu-satunya museum kriptologi di Indonesia memiliki potensi besar sebagai sarana edukatif, termasuk untuk anak-anak. Namun, metode penyampaian informasi sejarah di museum ini masih dominan bersifat lisan, yang kurang efektif bagi anak usia dini. Anak-anak usia 4–6 tahun memiliki tingkat konsentrasi dan kemampuan kognitif terbatas, serta cenderung lebih tertarik pada media visual dan interaktif. Oleh karena itu, perancangan buku ilustrasi edukatif menjadi alternatif strategis dalam menyampaikan materi sejarah secara menarik dan komunikatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Research and Development (R&D) model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), serta didukung dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Buku yang dirancang memuat materi sejarah persandian Indonesia secara visual, disesuaikan dengan alur tur di Museum Sandi dan dikemas dengan ilustrasi penuh warna, tipografi ramah anak, serta narasi sederhana.

Item Type: TA
Uncontrolled Keywords: buku ilustrasi, anak usia dini, sejarah persandian, media edukasi, Museum Sandi.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: umclibs1
Date Deposited: 02 Dec 2025 02:08
Last Modified: 02 Dec 2025 02:08
URI: http://repository.machung.ac.id/id/eprint/1043

Actions (login required)

View Item View Item