PERANCANGAN PROTOTIPE GAME 3D "The Artisan’s Quest" SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL KERIS MALANG BAGI REMAJA

NANDO SORACCA, DEVA PERANCANGAN PROTOTIPE GAME 3D "The Artisan’s Quest" SEBAGAI MEDIA PENGENALAN SENJATA TRADISIONAL KERIS MALANG BAGI REMAJA. [TA] (Unpublished)

[img]
Preview
Text
331910026_Nando Soracca Deva_LapTA.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Keris merupakan warisan budaya Nusantara yang sarat nilai sejarah, filosofi, dan spiritual. Namun, pemahaman generasi muda terhadap keris, khususnya keris Malang, semakin berkurang. Penelitian ini bertujuan merancang game edukasi 3D The Artisan’s Quest sebagai media interaktif untuk memperkenalkan proses pembuatan keris kepada remaja usia 17-27 tahun.

Metode yang digunakan adalah model ADDIE dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara empu, observasi lapangan, dan studi literatur. Nilai-nilai budaya keris diterjemahkan menjadi elemen visual, alur crafting, dan eksplorasi dunia yang bernuansa khas Malang.

Hasil uji coba menunjukkan game ini mampu menyampaikan informasi budaya secara menarik. Pemain memahami proses pembuatan keris meski beberapa fitur masih perlu perbaikan. Game ini berpotensi menjadi sarana edukasi budaya yang imersif dan dapat dikembangkan lebih lanjut.

Item Type: TA
Uncontrolled Keywords: keris Malang, game edukasi, budaya lokal, crafting, ADDIE
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Teknologi dan Desain > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: umclibs1
Date Deposited: 02 Dec 2025 02:03
Last Modified: 02 Dec 2025 02:03
URI: http://repository.machung.ac.id/id/eprint/1038

Actions (login required)

View Item View Item